5 Jul 2010

Ancaman radiasi ponsel bagi kehidupan lebah madu

Bagikan :
Image and video hosting by TinyPic

Pada artikel saya berjudul memasak telur dengan radiasi ponsel, riset menunjukkan salah satu bukti efek dari radiasi ponsel.
Radiasi ponsel memang tak hanya dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi manusia.Lagi lagi radiasi ponsel juga memiliki efek negatif bagi kehidupan lebah madu. Bahkan dinilai bisa mengancam kehidupan serangga ini.

Dalam sebuah riset yang dilakukan Panjab University, India, para ilmuwan coba menempatkan ponsel di dekat sarang lebah madu dan mengaktifkannya dua kali sehari masing-masing selama 15 menit. Hal ini dilakukan selama 3 bulan. Nah , selama masa pengujian tersebut, seperti dilaporkan CNN dan dikutip detikINET , Jumat (2 /7 / 2010) , para ilmuwan menemukan fakta bahwa produksi madu terhenti dan ukuran sarang menyusut secara drastis. "Peningkatan penggunaan gadget elektronik telah memicu polusi terhadap lingkungan," tulis Ved Prakash Sharma dan Neelima Kumar, dalam laporan yang bertajuk The Journal Current Science. "Perilaku lebah madu dan makhluk biologis lainnya telah terpengaruh oleh electrosmog, karena serangga memiliki medan magnetik di tubuh mereka yang membantunya dalam navigasi," lanjut keduanya.

Ancaman terhadap lebah madu ini pun dipertegas dengan data yang dimiliki oleh Departemen Agrikultural Amerika Serikat. Dimana selama tahun lalu populasi lebah madu turun 30 %.  
Seorang ilmuwan lantas mengimbau penggiat industri telekomunikasi untuk memodifikasi transmisi ponsel dan jaringannya untuk mengatasi masalah ini. "Sangat mungkin untuk memodifikasi sinyal di alat komunikasi dan menara pemancar sedemikian rupa sehingga tidak menghasilkan frekuensi yang mengganggu bagi serangga," tukas Andrew Goldsworthy, ilmuwan dari Imperial College, Inggris.
sumber:(detik/inet)

POSTING BERKAITAN




Template design by:
m-template | bagas96

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar