27 Feb 2010

Memanfaatkan situs jejaring sosial

Bagikan :
Mungkin artikel ini sudah sering dibahas di berbagai blog , tetapi saya akan mengulasnya kembali secara singkat. Oke, kita mulai saja !
Aktivitas berkomunikasi di Situs jejaring pertemanan memang menyenangkan, bahkan ada kalanya sampai lupa waktu. Situs jejaring sosial yang populer diantaranya adalah facebook, twitter, friendster, myspace, plurk, hi5, tagged dan yang baru ada google buzz. Yang paling populer tentu saja facebook yang penggunanya mencapai ratusan juta diseluruh dunia. Penggunanya pun dari berbagai kalangan, termasuk pelajar dan anak muda. Tetapi ada juga pihak yang menilai situs jejaring seperti itu memberikan dampak yang negatif. Sebenarnya ini semua kembali pada individu masing masing bagaimana ia memanfaatkanya.
Berikut ini sejumlah aktivitas bermanfaat yang bisa diperoleh melalui situs jejaring sosial:
>Menjalin relasi bisnis dan networking. Penelitian yang dilakukan Firma Demos menunjukkan situs jejaring sosial membantu pekerja dalam mencari relasi bisnis dan bisa mendongkrak penjualan produk perusahaan.
>Mencari teman.
Dengan situs jejaring maka kita akan menemukan teman baru dari daerah manapun dan mancanegara
> Pencarian informasi lowongan pekerjaan, tempat-tempat wisata, dan lain-lain. Layaknya milis, ( mailing list ), berbagai informasi dari teman juga dapat diunduh dari situs jejaring sosial.
> Online shopping.
Tidak sedikit anggota situs jejaring sosial yang memanfaatkan laman ( web ) untuk mengiklankan produk niaganya.
> Kampanye politik. Keberhasilan Barrack Obama dalam meraih kursi kepresidenan juga tidak lepas dari dukungan situs jejaring sosial. Akibat peristiwa ini, pamor situs jejaring sosial membumbung tinggi.
> Konsultasi pendidikan. Situs jejaring sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa dan dosen, terlebih jika dosen berada di luar kota.
> Ajang pencarian jodoh (termasuk saya, hehe). Berhubung tersedia ruang untuk menampilkan profil diri, secara tidak langsung situs jejaring sosial bersifat "mengiklankan diri". Status seseorang, misalnya masih sendiri atau sudah berpasangan, akan terlihat dalam situs jejaring sosial. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi orang yang sedang mencari pasangan.
Walaupun menyajikan segudang manfaat, sebaiknya batasi waktu dalam mengakses situs jejaring sosial. Sebab, kehidupan yang sesungguhnya ada di luar sana, bukan terkungkung dalam layar komputer ataupun ponsel.
Bagi saya pribadi situs seperti ini sangat bermanfaat guna menunjang aktivitas saya di bidang internet.

Semoga bermanfaat

POSTING BERKAITAN




Template design by:
m-template | bagas96

1 komentar:

Sevcabobby mengatakan...

Ada tambahan gak ya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar