17 Mar 2010

tips memilih ponsel musik berkualitas

Bagikan :
Musik, sepertinya telah menjadi bagian dari hidup kita. Sehari aja kita nggak ndengerin yang namanya musik rasa-rasanya hidup ini ada yang kurang, tul nggak? Karena musik emang enak dinikmati dlm suasana apapun. Hari gini punya hp yg nggak ada MP3- nya kayaknya jadul banget.
Image and video hosting by TinyPic
Nah, bagi Anda yang akan membeli hape yang ada pemutar musiknya diharapkan jangan asal beli. Sebelum beli, berikut hal yang kudu diperhatikan saat memilih hape musik.

Speaker
Meski nggak bakalan bisa ndengerin musik sekeras stereo set di rumah atau di mobil, tingkat kekerasan dan kejernihan suara yang keluar dari speaker hape musik sangat diperlukan, apalagi saat telinga udah nggak nyaman dijejali lagi dengan earphone.Selain itu speaker stereo tentu lebih mantap didengar dibanding satu speaker. Pastikan pula suara dari speaker tidak pecah atau cempreng saat kita ndegerin musik dengan volume maksimal. Namun, jangan mengharapkan nada bass yang kenceng dari speaker hp yang kecil itu. Lebih masuk akal jika Anda mencari speaker dengan nada tengah (vokal) dan treble yang kuat dan jernih.

Handsfree dan Jack Audio
Kualitas handsfree bawaan hp gak sama.Kebanyakan handsfree bawaan hanya kuat di nada tengah dan tinggi (treble), dengan nada bass kurang. Jika ingin bass yang lebih kuat, mesti membeli lagi handsfree lain. Lebih enak lagi jika di bodi hape ada jack audio 3.5 mm sehingga bisa digunakan handsfree atau headphone yang berkualitas oke, seperti Senheisser. Tapi kalo nggak ada juga, kini banyak dijual converter jack audio 2.5 mm ke 3.5 mm, mini USB ke 3.5 mm atau port Sony Ericsson ke 3.5 mm.

Tombol Pemutar Musik
Hape musik sejati, harus punya tombol khusus pemutar musik di bagian depan atau samping. Jadi, saat ingin ndengerin musik, tak harus repot masuk ke bagian menu. Empat fungsi utama sudah cukup, yaitu Play, Pause, Fast Forward dan Fast Rewind. Selain itu, untuk tombol volume lebih baik jika berada disamping karena seringnya diakses sehingga nggak ribet saat diperlukan.

Equalizer
Pngatur nada ini sangat penting, karena dalam urusan nada selera tiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang suka nada rata sama kuat, ada yang ingin nada tengah, atau diset bass yang lebih kenceng. Semua itu bisa diatur lewat equalizer, baik yang manual ataupun dengan pilihan tertentu ( pop, rock, jazz, normal). Pilihan equalizer manual lebih baik karena lebih sesuai dengan keinginan

Aplikasi Pemutar Musik
Desain pemutar musik yang bagus, mudah dioperasikan, dan lengkap perlu dicermati. Harus ada Play List untuk membuat dan mengatur daftar lagu yang bisa diputar sesuai keinginan atau sesuai suasana hati atau kondisi yang ada. Maka carilah hape yang telah memiliki fitur SensMe. Format Lagu Sekarang ini, bisa memutar lagu berformat MP3 saja tidak cukup, karena banyak format lagu yang lain yang ukurannya lebih kecil untuk disimpan seperti AAC, dengan kualitas setara. Maka sebelum membeli hape musik, yang perlu diperhatikan adalah
Kemampuan memutar berbagai jenis format lagu, seperti MP3 / WMA/WAV/RA/AAC/M4 A.

Kapasitas Memori
Mengingat kapasitas lagu yang semakin banyak, maka kapasitas memori eksternal yang besar sangat penting. Makin besar makin baik. Eits, tapi tunggu dulu! Kapasitas memori eksternal tidak boleh diisi lagu hingga penuh, karena bisa membuat kinerja hape menurun. Emang mau punya hape lemot??

Baterei
Karena bakal dipakai lama untuk nge-play musik, maka baterei mesti dipilih yang awet dan nggak gampang ngedrop. Tingkat keawetan baterei tidak semata- mata ditentukan besarnya kapasitas, tapi oleh canggihnya manajemen daya yang diterapkan, baik berupa chip audio khusus ( hardware) ataupun softwarenya. Lebih bagus lagi jika ada Flight Mode untuk mematikan fungsi hape, atau manajemen daya yang lain seperti Schedule Off.

Konektifitas
Karena koleksi lagu akan sering ditambah atau dkurangi, maka kemudahan cara pemindahan file lagu mesti jadi perhatian sebelum Anda membeli hape musik. Apakah lagu bisa dimasukkan ke hape lewat kabel data, card reader, atau Bluetooth. Untuk slot memori eksternal, lebih baik jika lokasinya mudah dijangkau tanpa harus membuka casing dan baterei, dan bersifat hotswap. Dengan hotswap, memori bisa dilepas- pasang tanpa harus mematikan hape.

Fitur Musik
Tambahan Keberadaan fitur tambahan untuk pemutar musik bisa menjadi nilai plus. Kini mulai muncul fitur seperti pengenal judul lagu ( TrackID, Music Recognition), pengganti lagu dengan goyangan ( Shake Control), memainkan lagu tertentu hanya dengan mengucapkan judulnya (Say and Play), atau pembuat daftar lagu otomatis sesuai suasana hati ( SensMe)

POSTING BERKAITAN




Template design by:
m-template | bagas96

7 komentar:

aris pulsa mengatakan...

Hp musik keren n murah, apa gan? ?

Sevcabobby mengatakan...

Bnyak tu yang murah. Ane gag tau hehehe

Anonim mengatakan...

Makasih infonya..
Kbetulan ane mau bli hp

Mobiponsel mengatakan...

Oke tipsnya..
Kunjung balik ya.thanks

Sevcabobby mengatakan...

All Terimakasih kunjunganya

Anonim mengatakan...

Hp Huawei yg bisa wat modem hrganya brapa gan??

ruli bartez mengatakan...

Sip infonya..
Tapi gue jarang dgerin musik dr hp

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar