17 Mar 2010

Cara ampuh menghilangkan atau mengatasi stres

Bagikan :
Stressss? Saya rasa semua orang pernah mengalaminya. Sangat menjengkelkan jika Begini salah, begitu salah! Kalau semua tidak sempurna, pasti kena marah bos, serba salah semua! Deadline bisa membuat suasana hati serba salah, kepala pusing dan makan tidak nafsu. Bisa bahaya, bukan? Mari kita intip bagaimana cara mengatasinya. Situasi yang mendesak di kantor bisa membuat Anda stress, sementara pekerjaan masih menumpuk. Panik menyerang, pikiran semrawut dengan poin to- do-list yang tak kunjung habis. Rasa lelah membuat Anda sulit mengendalikan emosi. Hal ini akan memudahkan Anda naik pitam jika ‘tersenggol’ sedikit. Itu hanya beberapa penyebab stres, dan tentunya masih banyak hal yang lain yang menyebabkan timbulnya stres

Agar emosi Anda tidak meledak sebaiknya Anda :
1 . Tahan emosi dengan menarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan-lahan.
2 . Mintalah rekan atau anak buah Anda untuk memberikan penjelasan tentang ketidakberesan yang terjadi. Bicaralah dengan tenang.
3 . Kendalikan intonasi suara Anda dengan baik, jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut. Bicaralah di tempat yang lebih tenang dan konsentrasikan pikiran pada penyelesaian pekerjaan. Sehingga perlahan-lahan emosi Anda akan turun dengan sendirinya.
4 . Setelah Anda menemukan jawabannya, minumlah segelas air putih untuk menggantikan energi Anda yang dikeluarkan untuk menahan emosi.
5 . Keluarlah dari ruangan Anda sejenak untuk menyendiri selama 5 menit. Setelah Anda tenang, barulah kembali ke meja dan mulai menyelesaikan pekerjaan dengan pikiran yang lebih terkonsentrasi.
6 . Anda bisa mendengarkan musik dengan volume yang pelan. Matikan ponsel dan jangan terima telepon sewaktu Anda berkonsentrasi. Dengan begitu Anda telah berhasil mengendalikan emosi yang tadinya hampir meledak. Anda juga bisa melatih tingkat kecenderungan emosi Anda dan hal ini menjadi nilai plus bagi Anda.

Cara mengatasi stres : Bila kepala Anda mulai sering sakit kepala, mengalami gangguan tidur dan ketika diperiksakan ke dokter, tidak ditemukan penyakit apapun, sebaiknya ikuti langkah- langkah berikut ini :
>>Cari teman disaat stress Daripada Anda membiarkan masalah terpendam di hati, sebaiknya Anda mencari seseorang yang bisa dipercaya dan mau mendengarkan Anda. Mengeluarkan isi dalam hati dan pikiran membantu meringankan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. >>Cari tempat untuk melepas stres. Carilah tempat dimana Anda bisa berada di luar selama beberapa menit. Tempat yang terasa menyenangkan seperti taman, kebun dan sebagainya. Keluarlah dari lingkungan Anda yang biasa dan jauh dari segala tuntutan yang harus segera dipenuhi.
>>Ramuan air rileks Aroma lavender dapat meredakan gejala yang berkaitan dengan stres seperti sakit kepala, insomnia, gelisah tanpa sebab dan lelah. Buatlah cairan penyemprot ruangan dengan mencampur 6
sampai 8 sendok tetes lavender atau beli dalam bentuk pengharum ruangan, letakkan pada meja kerja Anda.
>>Dengarkan musik Sebaiknya Anda memutar musik lalu bangkit dan lepaskan kepenatan dengan berdendang. Semakin Anda asyik berdendang, semakin Anda merasa rileks.
>>Bermain
Ambillah waktu beberapa menit untuk menjadi anak kecil lagi, karena bermain atau dengan mencoret-coret kertas yang tidak jelas dapat meredakan stres Anda. Hal ini bermanfaat untuk mengalihkan perhatian Anda.
>>Olahraga
Disaat stres biasanya orang akan meniggalkan olahraga, padahal sebenarnya dengan berolahraga, walau hanya berjalan kaki selama 10 menit akan menguragi stres Anda. Cobalah berjalan kaki dengan teman saat istirahat makan siang untuk menghilangkan kepenatan dalam pikiran Anda. >>Matikan semua perlatan elektronik
Hidup Anda pasti penuh dengan hiruk pikuk seperti dering telepon, bunyi mesin fax, komputer dan sebagainya. Cobalah log off komputer dan matikan telepon selama 5 hingga 10 menit. Duduk dan rilekslah. Menurunkan stres tidak memerlukan banyak waktu. Anda bisa gunakan waktu Anda selama 10 detik, 2 menit atau 5
menit untuk istirahat dan melakukan aktivitas meredam stres.


Sumber:Silakan Klik disini

POSTING BERKAITAN




Template design by:
m-template | bagas96

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar